#random-posts img{float:left;margin-right:10px;border:1px solid #999;background:#FFF;width:36px;height:36px;padding:3px}

Senin, 25 Februari 2013


Pengertian Kekkei Genkai dan Kekkei Touta beserta Jenis-jenisnya



Kekkei Genkai (Secara harfiah berarti "teknik yang terbatas pada keturunan sedarah" dalam istilah inggrisnya adalah "Bloodline Limit") adalah kemampuan yang diturunkan secara genetik dalam klan tertentu. Tapi ini juga memungkinkan bagi seorang ninja untuk memiliki lebih dari satu (kekkei genkai) kemampuan tersebut. Kekkei Genkai yang bekerja melalui mata pengguna disebut dojutsu. Selain Dojutsu, Kekkei Genkai juga bisa diartikan mencampur satu jenis elemen dasar dengan elemen dasar yang lain , Yang menghasilkan
elemen baru yang khas untuk dirinya saja, yang biasanya tidak mungkin dilakukan untuk seorang ninja biasa.

Kekkei Genkai dan teknik terkait mereka tidak dapat diajarkan atau ditiru oleh orang lain. Namun, kekkei genkai dapat diberikan kepada orang lain. Dojutsu atau kekkei genkai lainnya terisolasi pada suatu organ tubuh pemiliknya, yang dapat ditransplantasikan ke tubuh orang lain, seperti yang dilakukan dengan mentransfer Sharingan Kakashi dari Obito. Penggunaan organ-organ kekkei genkai ini membutuhkan chakra lebih banyak dari orang yang terlahir dengan kekkei genkai itu. Elemen dasar juga dapat "ditularkan" ke orang lain di luar garis keturunan klan mereka, seperti Yamato, melalui modifikasi DNA Hasirama yang dilakukan oleh Orochimaru, dia memiliki Kekkei Genkai Hashirama, Mokuton. Namun, keterampilan Yamato dalam menggunakannya hampir tidak sekuat pengguna aslinya, Hashirama Senju.

Meskipun kekkei genkai biasanya diturunkan melalui keturunan genetik suatu klan tertentu, tapi kadang-kadang Kekkei genkai hanya khas untuk satu orang saja, dan bahkan keluarga terdekatnya sekalipun (anak contohnya) tidak memiliki / diturunkan kekkei genkai itu. Seperti contohnya adalah Mokuton dan Shikotsumyaku. Namun sebaliknya, kekkei genkai tampaknya bisa muncul pada individu yang tidak saling kenal bahkan tidak memiliki hubungan darah sama sekali, seperti Yoton (Lava), yang dimiliki oleh seseorang ninja dari Kirigakure, Iwagakure, dan Kumogakure. Sementara Jiton (Magnet), dimiliki oleh seorang ninja dari Kumogakure dan Sunagakure.

Variasi lanjutan dari kekkei genkai (Bloodline Limit) dikenal sebagai kekkei Touta (Bloodline Selection).

Jenis dan Macam Kekkei Genkai: 

Enton : Blaze Release (Elemen Api, tapi bukan Katon)
Blaze Release ( , Enton; Viz "Inferno Style") adalah tahap lanjutan dari chakra alam. Uchiha Sasuke menggunakan teknik ini ketika memanipulasi api hitam yang tidak bisa padam, Amaterasu. Sasuke memanipulasi Amaterasu dengan Mangekyo Sharingan mata kanannya, sedangkan Mangekyou Sharingan kirinya digunakan untuk mengendalikan Amaterasu itu.


Futton : Boil Release (Elemen Uap)
Boil Release ( , Futton; Viz "Vapour Style") adalah salah satu dari dua kekkei genkai Mei Terumī dan terbentuk dari teknik yang menggabungkan elemen api dan elemen air dan menciptakan uap asam  korosif yang sangat kuat yang mampu melelehkan apa saja. Pengguna juga dapat mengontrol tingkat keasaman uap itu.


Shōton : Crystal Release (Elemen Kristal)

Crystal Release ( , Shōton; Inggris (TV) "Crystal Style") adalah hal yang langka dan khusus dari elemen ninjutsu yang dapat menciptakan jenis kekkei genkai beserta penggunanya akan kristal serta memanipulasi kristal yang sudah ada dan bisa juga memanipulasi struktur kristal.


Meiton : Dark Release (Elemen Kegelapan)
Dark Release ( , Meiton) adalah pengembangan kekkei genkai yang dapat digunakan untuk menyerap, memanipulasi, dan mengeluarkan chakra yang diambil/diserap dari lawan. Hiruko (Naruto Shippuden The Movie 3, Inheritor of The Will of Fire) menggunakan teknik ini melalui tanda pada tangan kirinya. Tanda ini menyerupai dua berlian, tumpang tindih antara yang satu dengan yang lain. Chakra diserap melalui lambang berlian yang atas, sementara melepaskan dan memanipulasi chakra itu melalui lambang berlian dibagian bawah.

Jinton : Dust Release (Elemen Debu)
Dust Release ( , Jinton; Viz "Particle Style") adalah pengembangan kekkei genkei yang telah menjadi kekkei touta, versi lanjutan dari kekkei genkai, yang diciptakan melalui penggunaan elemen tanah, angin, dan api. Teknik-teknik alam (elemen) ini awalnya berbentuk seperti objek tiga dimensi kecil (misalnya kubus, kerucut, dll) yang terdiri dari chakra yang membentuk sebuah bentuk diantara kedua tangan pengguna. Bila teknik dilepaskan, bentuk yang kecil tadi akan membesar dan mengelilingi/mengurung target. Tekhnik ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi molekul, memberi mereka kemampuan untuk menghancurkan apapun sampai pada tingkat molekul yang terbatas dalam batas-batas wadah bentuk tiga dimensi yang dikeluarkan tadi.


Bakuton : Explosion Release (Elemen Peledak)
Explosion Release ( , Bakuton) adalah salah satu dari kekkei genkai. Sifat chakra pengguna bakuton tampaknya memberikan pengguna kemampuan untuk memanfaatkan chakra ledakan dalam pertempuran, yang memungkinkan mereka untuk menyebabkan ledakan di benda yang mereka sentuh.


Hyōton : Ice Release (Elemen Es)
Ice Release ( , Hyōton; Inggris (Viz) "Haku's Secret Arts of Water", Inggris (TV) "Ice Style") adalah sebuah kekkei genkai dari klan Yuki, yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan elemen  angin dan air untuk menciptakan elemen es yang bisa dimanipulasi sesuai kemauan si pengguna itu sendiri. Es milik Haku, sebagian besar dibuat kebal terhadap serangan berelemen api, es ini hanya sedikit mencair saat bersentuhan dengan api.

Yōton : Lava Release (Elemen Lava)
Lava Release (  , Yōton; Viz "Corrosion Style" atau "Lava Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen api dan elemen tanah untuk menciptakan elemen lava.


Jiton : Magnet Release (Elemen Magnet)
Magnet Release ( , Jiton) adalah kekkei genkai yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversi chakra menjadi kekuatan magnetik dan membuat suatu obyek yang disentuh / tersentuh menjadi memiliki sifat magnet. Tidak diketahui darimana Kekkei Genkai ini berasal, tetapi Sunagakure dan Kumogakure memiliki shinobi pengguna elemen ini di masa lalu.

Kōton : Steel Release (Elemen Baja)
Steel Release ( , Kōton) adalah kekkei genkai yang dapat digunakan untuk membuat tubuh seseorang hampir tidak bisa dihancurkan dengan mengubahnya menjadi baja hitam.


Ranton : Storm Release (Elemen Badai)
Storm Release ( , Ranton; Inggris (Viz) "Gale Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen petir dan dan elemen air untuk membuat sekumpulan energi yang dapat dilepaskan dan diarahkan menuju musuh.


Jinton : Swift Release (Elemen Kecepatan)
Swift Release ( , Jinton) adalah kekkei genkai yang dapat digunakan untuk bergerak dengan kecepatan sangat tinggi, hampir tanpa waktu, memberikan pengguna keuntungan atas lawannya dengan kekuatan yang lebih di sisi kecepatan, seolah penggunanya dapat meningkatkan kekuatan chakranya. Kekkei genkai ini membuat pengguna kebal terhadap taijutsu karena tidak ada taijutsu yang sanggup menyamai kecepatannya hanya sekedar untuk menyentuh si pengguna elemen kecepatan ini.


Mokuton : Wood Release (Elemen Kayu)
Wood Release ( , Mokuton; Inggris (TV) "Wood Style") adalah kekkei genkai yang menggabungkan elemen tanah dan elemen air  untuk menciptakan elemen kayu, bahkan bisa membuat pohon lengkap dengan daun daunnya. Kemampuan ini juga dapat digunakan untuk membuat bagian lain dari pohon, seperti biji atau bunga. Teknik ini dapat membuat kayu dari mana saja, termasuk dari anggota tubuh pengguna, seolah chakra pengguna berubah menjadi sumber kehidupan. Teknik Kayu (   , Mokuton no Jutsu) ini umumnya berafiliasi dengan segel tangan Ular.


Shakuton : Scorch Release (Elemen Penghangus)
Scorch Release ( , Shakuton) adalah suatu kekkei genkai dimana elemen ini menciptakan chakra yang mampu memanaskan suhu tubuh musuh ke titik di mana semua cairan tubuh menguap dari tubuh mereka, membunuh korban dan meninggalkan mayat kering sebagai sisa dari kehilangan air dalam tubuh mereka. 


0 komentar:

Poskan Komentar